wanita Haid baiknya makan enak

-Bismillahirrohmanirrohiim-

Sudah alamiah seorang wanita memiliki beberapa hari H setiap bulannya. beberapa hari yang diberi keringanan untuk wanita dalam beberapa hal  spt shalat, shaum, membaca al- Quran (ada perbedaan pendapat), thawaf, melayani suami dsb. bayak hikmah memang yang yang terkandung dalam beberapa keringanan tersebut…(smg Allah memberi taufiq)

seorang wanita yang sedang haid seperti memiliki maskot tersendiri yang harus dipahami oleh sesamanya maupun oleh kaum adam, seperti dismennorhea(nyeri haid), sensitif(mudah marah, tersinggung), badan seperti sakit semua, lemah (lemes, g semangat), pusing, malas makan ataupun banyak makan dll. emm gejala tersebut bisa muncul secara bersamaan ataupun sebagian saja.

wanita haid mengalami pendarahan alias kehilangan darah rata- rata 30ml/hari(wuuui……….), darah adalah suatu cairan yang sangat vital bagi tubuh, darah memiliki tugas mengedarkan oksigen, makanan pada sel- sel, menghangatkan tubuh dll. sehingga bisa dibayangkan jika kita kehilangan darah ataupun jumlah darah dalam tubuh sedikit berkurang. pasti bawaanya lemas, lemah, pusing (karena nutris tidak adekuat/mencukupi di otak) dan tidak bersemangat serta gampang emosi (tp emosi juga bisa disebabkan oleh perubahan hormonal).

sampai dibutuhkan suplai besi 0,1mg per hari pada wanita haid, kenapa demikian karena besi adalah salah satu penyusun dari sel- sel darah merah, kekurangan besi bisa menyebabkan anemia yang memiliki gejala lemes, lemah dan tidak semngat dan bila terus- menerus bisa menurunkan intelektual. Besi sebagian besar diperoleh dari asupan makanan terutama makanan terutama makanan- makanan yang mengandung protein spt daging, kacang, hati,susu, ikan teri (utama) dll. tapi potein hewani lah yang diutamakan karena besi dari protein hewanilah yang paling mudah diserap oleh tubuh, sehingga pembentukan sel- sel darah merah teregulasi dengan baik.

sehingga tak ada salahnya jika tulisan diberi judul wanita haid baiknya makan enak- enak… karena memang untuk menjaga performa tubuhnya dan agar terhndar dari anemia kekurangan besi. selain itu bagi perlu juga bagi wanita haid untuk mengetahui bagaiman cara mandi haid, amalan- amalan ap saja yang bisa dilakukan saat haid, hukum- hukum seputar darah haid dll (sudahkah kita belajar??? yuuk mari yuuk) jangan smpai hanya jasmani aj yang diperhatikan makananny tapi rohani juga… (semoga Allah memberi Taufiq).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s