Sakitku Tak Menghalangiku

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Sejak lahir aku telah memiliki cacat bawaan. pembesaran limpa (spleenomegali), menurut dokter. limpaku membesar sekitar 15 cm. itu yang membuat perutku membesar dan sulit bernafas. selain itu aku menderita aku menderita infeksi hepatitis dan mempunyai anemia bawaan. artinya darah ditubuhku selalu habis walaupun aku sudah tranfusi darah berkali-kali.  tak terhitung berapa kali aku harus keluar masuk rumah sakit untuk menhalni perawatan. oarang- orang disekililingku sering mengatakan bahwa aku adalah perempuan yang tidak sehat, dan mungkin kesulitan dapat jodoh karena aku penyakitan.

Akan tetapi, qodarulloh, Dia menghendaki aku untuk bertemu dengan jodohku pada usia 20 thn. saat itu aku masih kuliah dan kami menikah “siri”. tak lama kemudian akupun hamil. tapi sayang hanya bertahan 3 bulan. Mungkin karena aku terlalu kecapekan. setengah tahun kemudian, aku hamil lagi. kali ini benar-benar kujaga kehamilanku. sebulan sekali aku datang ke dokter kandungan. tapi, Astagfirulloh, benarkah apa yang dikatan dokter itu? aku harus menggugurkan kandunganku karena keadaanku yang tidak sehat, bayi itupun kemungkinan juga tidak sehat.

Aku tidak putus asa. akupun berhenti kontrol di dokter itu pada usia kandunganku 7 bulan, saat dia mengatakan ak harus masuk rumah sakit karena keadaanku yang membahayakan (darah ditubuhku tak mendukung persalinanku). Aku berpura- pura hendak pulang sebentar sebelum menjani rawat inap. tapi aku tak kembali. kuteruskan kontrolku pada bidan desa, dia mengatakan kandunganku baik- baik saja.

tanpa diduga, bayiku lahir di rumah dan hanya ditunggui ayahnya. Alhamdulillah anakku trnyata sehat dan lincah, tak spt ibunya.

Setelah anak sulungku berumur 2,5 thn, aku kembali hamil. kali ini kehamilanku lebih berat dari yang terdahulu. aku sakit dan kelelahan. Malam hari aku tak bisa tidur, perutku terasa sesak untuk bernapas. kakiku bengkak dan tubuhku lemas. siang hari aku harus kerja dan kuliah. jatah cutiku masih jauh. pagi itu kandunganku berusia 7 bulan 12 hari, aKU Merasa sesuatu yang “lain”. kuajak suamiku ke dokter kandungan. ternyata anemiaku kumat lagi. kali ini dokter tak mau ambil resiko, aku harus rawat inap karena janin dirahimku sudah kehabisan darah. dengan hanya berbekal uang Rp100rb kami putuskan untuk rawat inap.

karena tidak ada persiapan maka suamiku meninggalkanku di RS sendirian, setelah membekaliku dengan beberapa catatan do’a, dia pulang untuk mengambil perbekalan. beberapa saat setelah dia pergi, bayiku lahir. bobotnya hanya 1,8ons. ternyata tali ari-arinya sudah remuk. malam itu aku menjalani tranfusi darah sebanyak 5 kantong darah. dokter yang memeriksaku heran, mengapa kau bisa melahirkan normal tanpa operasi dan selamat?, sedangkan darah ditubhku telah habis sebelumny,yang pasti itu karunia Allah untukku. sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu(Ummu Hijrah)

majalah keluarga islam NIKAH Vol.4 No.12 hal.75 -Maret 2006-

Aku (pemilik blog) hanya bisa manggut- manggut dan memujiNya setelah membaca spotong crita ini. Subhanallah, bagaimanapun manusia berencana, berteori namun tetap Allah Azza wa Jalla- lah yang mentukan. banyak sekali yang dapat kupetik dari sepenggal cerita ini diantaranya

*Harus selalu sabar ketika kita diberi suatu penyakit dan ujian

*Harus Selalu bertawakal kepada Allah, setelah ikhtiar kita tempuh, pasrahkan semua kepada Yang Maha Rahman.

*Allah tidak akan membebani seorang hamba sebatas apa yang ia mampu

*Betapa berkuasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam kehidupan kita? lantas ap sih yang bisa disombongkan oleh manusia?

*Logika manusia haruslah tunduk kepada logika sang Maha Kuasa

*Kesembuhan hanya datang dari Allah, adapun dokter, bidan hanyalah perantara

*Dahsyatnya kekuatan doa

*Allah akan memberi kmudahan kepda orang yang beriman dan bertakwa

*Beratnya perjuangan seorang ibu, dan lembutnya hati seorang ibu sehingga tidaklah pantas seorang anak untuk mendurhakainya walau itu hanya dengan ucapan ‘Ah’

*dan masih bnyk lagi

-Semoga bisa menjadi hamba yang selalu kembali kepadaNya- Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s