Definisi Sederhana Iman

Bismillahirrahmanirrahiim….
Tiba- tiba terbesit sebuah pertanyaan pada sore itu ketika sedang bersetrika ria smbil mendengarkan sebuah kajian ilmiah yang suaranya tidak terlalu jelas, sehingga pikiranpun terbang melayang, pertanyaan nya adalah “mengapa kita harus beriman?” sebenarnya adalah sebuah pertanyaan sederhana, bahkan sy skrng jadi ingat kalau pernah mendapat pertanyaan yang seperti ini ketika dudk di bangku SD pada ujian agama, Cuma redaksinya kalu tidak salah “mengapa kita harus beriman kepada Allah?”. Tp entahlah kemarin itu knp tb2 spt menjadi orang yang paling bodoh, tb2 bingung, ya Allah.. ku SMS teman2ku, ku bongkar buku2 ku, kubaca buku2 itu dengan cepat dan kebingungan.. bukannya jawaban yang kudapati malah semakin bingung. Seorang temanku membalas smsku, “karena kita adalah hambanya”, sebenarnya aku masih bingung dengan jawabannya tp aku merasa malu u bertanya lagi, kmudian temanku yang lain membals smsku, “sblm ana jawab, ana pgn tanya iman itu ap sih?”, kujawab:” ucapan dengan lisan, keyakinan dengan hati dan pengamaln dengan anngota badan. Yang bertambah karena ketaan dan berkurang dan berkurang karena perbuatan maksiat” kmudian dia jawb lagi, ”ya itu, smua itu tercakup dalam ibadah, tdklah Allah ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah. Jd kenapa harus beriman?karena tujuan sbnrnya Allah menciptakan kita u itu, karena Allah memerintahkan!. Dan itulah pembeda kaum taat dan kaum ingkar, Wallahu’alam”, dalam hatiku bergumam owww yayaya 2 sms yang sling berhubungan dan sling menjelaskan, Alhamdulillah sdikit lega. Dari tumpukan buku2 yang berserakan ku pilah2 dan nemu bku yang sesuai kayaknya judulnya “dahsyatnya enargi iman” dr penerbit:Elba. Bku ini sudah kubaca kalu tdk slh 2x, kmudian kubuka lg u mulai membaca ke3x nya, Masya Allah,, sperti aku baru beli buku saja. Astagfirulloh emg sifat manusia yang pelupa. Sehingga kutulislah pokok2 yang bs menjelaskan kebingunganku tadi.
Definisi Iman
Scr terminology arti iman mnurut para ulama: ucapan dengan lisan, keyakinan dengan hati dan pengamaln dengan anngota badan. Yang bertambah karena ketaan dan berkurang dan berkurang karena perbuatan maksiat.
Pokok-pokok keimanan yang disebut disebut rukun iman ada 6 yaitu: Iman kpd Allah, kepada para malaikat2Nya, kpd kitab2Nya, kpd Rosul2Nya,kpd hr akhir serta takdir yang baik dan buruk. Allah Berfirman: “Bukanlah menghadapkan wajahmau kea rah Timur dan barat itu seuatu kebajikan, akan tetapi kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, Malaikat- malaikat, kitab-kitab dan nabi”{QS: Al-Baqoroh 177} dan sabda rosululloh sollallohu’alaihi wasallam: “Iman itu adalah engkau beriman kepada Allah , para MalaikatNya, kitab2Nya, para UtusanNya, dan engkau briman kpd takdir yng baik dan yang buruk”{HR:Muslim}

Pengertian Iman
Iman adalah ketika seorang hamba beriman kepada Rabb-nya dengan keimana yang merasuk dalam dirinya. Ia menyakini bahwa Alla telah menciptakannya dan dan mewujudkanya dari ketiadaan. Dan menyakini bahwa semua amal dan rizqi ada di tangan Allah dan bahwasanya seseorang itu tidaklah mati sehingga sempurnalah rizki dan amalnya.dia Menyakini bahwa apa yang ditulis akan mengenainya pasti tdk akan meleset daripadanya dan apa saja yang ditulis akan meleset darinya pasti tidak akan menimpanya, meyakini bahwa Allah adalah penolong dan pembelanya, pemberi petunjuk ke jalan kebenaran atau jalan kesesatan, pemebri musibah dan kesembuhan, mengetahui yang tersembunyi dan yang nyata, mengetahui ketakwaannya dan keburukannya. Mengimani bahwa hati para hamba berada 2 jemari Allah yang maha Rahman Dia membolak-balikannya sesuai dengan kehendakNya, mengimani bahwa Allah itu pemilik kerajaan langit dan bumi di TanganNya lah kendali segala urusan, mengimani bahwa Dia mengetahui hal yang paling tersembunyi. Dia Yang Maha Suci mengetahui apa yang telah terjadi dan apa yang belum ada.
Seorang muslimin hendaknya menghadap kepada Rabb-nya dengan segenap hatinya, anggota tubuhnya, gerak dan diamnya langkah-langkah dan detik- detik kehidupannya, dalam kesendirian dan keramaian, dalamkesepian dan kebersamaanny bersama orang lain. Kembali kepadaNya, mengkonsentrasikan piikiran dan maksudnya u mencari kerodoanNya, beribadah kepadaNya untuk menginginkan WajahNya.
Alhamdulilah begitu terbuka pikiranku sekarang, Next paper.. next week ^^ insya Allah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s